Profil Inspektorat

Inspektorat Kota Tebing Tinggi

Inspektorat Kota Tebing Tinggi sebagai satuan kerja Pengawasan Internal Pemerintah, Inspektorat Kota Tebing Tinggi mempunyai tugas yaitu melakukan pengawasan / pemeriksaan sesuai dengan aturan dan standar profesi yang berlaku bagi Aparat Pengawasan Fungsional Pemerintah (APFP), oleh karena pengawasan bagian dari manajemen dan memegang peranan yang sangat penting dalam proses Pemerintahan, terutama dalam mendukung terwujudnya kepemerintahan yang baik (Good Governance).

Tata kerja pengawasan Inspektorat Kota Tebing Tinggi pada umumnya berpedoman kepada Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) yang disusun pada setiap tahunnya yang dikoordinasikan dengan Inspektorat Propinsi Sumatera Utara.

Untuk menjalankan roda organisasi, Inspektorat Kota Tebing Tinggi didukung oleh 28 (dua puluh delapan) orang PNS yang berasal dari berbagai latar belakang disiplin ilmu. Untuk mendukung Program Pengawasan Pemerintah Daerah, PNS pada Inspektorat Kota Tebing Tinggi secara bertahap terus melakukan peningkatan kualitas profesionalisme melalui Diklat/Kursus Bidang Pengawasan (auditor lainnya) bekerja sama dengan BPKP dan Inspektorat Propinsi Sumatera Utara serta Perguruan Tinggi.

Salah satu capaian penting yang telah dihasilkan Inspektorat Kota Tebing Tinggi pada periode Renstra sebelumnya adalah mendapatkan piagam penghargaan dari BPKP Perwakilan Sumatera Utara yaitu peringkat II terbaik kapabilitas APIP se-Sumatera Utara. Inspektorat Kota Tebing Tinggi berharap dapat mencapai yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya Inspektorat tentu saja mempunyai tantangan dan hambatan. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah masih minimnya sumber daya manusia (SDM) Aparatur Pengawasan yang berkualitas. Dalam mengatasi hal ini maka Inspektorat Kota Tebing Tinggi harus terus menerus meningkatkan pendidikan dan pelatihan kepada aparatur pengawasan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan baik formal maupun informal.